tulisan ini ditujukan sebagai langkah penanganan pertama bagi para pengguna wifi diseluruh dunia, sebelum anda melapor pada operator jaringan anda ataupun internet service provider(ISP), ada baiknya saudara dirumah mengikuti langkah langkah berikut ini. karena terkadang banyak hal simpel yang bisa kita lakukan, atau atasi sendiri di rumah.
1. Cek perangkat anda
coba cek perangkat yang anda miliki atau cek perangkat lain yang terhubung ke jaringan wifi anda, jika perangkat lain yang terhubung ke jaringan baik baik saja(normal) itu tandanya ada masalah dengan perangkat yang anda miliki.
2. Cek kondisi router
apakah indikatornya menyala warna merah atau tidak, jika tidak coba restart modem anda dengan cara mematikan dan menghidupkanya kembali setelah 15 menit karena terkadang routernya “hang” atau panas
3. Cek kabel Fiber Optic(FO)
cek kondisi kabel PON atau kabel FO dan hati hati saat melakukan pengecekan ini karena kabel FO sangat rentan untuk patah, coba ditekan perlahan lahan siapa tau longgar. jika masih merah coba untuk restart router anda permasalahan tersebut sering muncul ketika ada perbaikan di lapangan oleh teknisi namun respon router tidak langsung kembali lagi menjadi warna hijau, sehingga perlu kita lakukan untuk restart router kita, tapi jika masih saja berwarna merah ada jaringan kita yang terputus baik dari rumah kita ke odp, ataupun dari jaringan pusat ISP yang kita gunakan.
dari ketiga poin diatas sudah dilakukan namun masih saja tidak berhasil langkah terakhir dan menjadi langkah pamungkas yaitu hubungi Internet service provider anda.